Senin, 16 Februari 2009

Latihan
















Ada kecenderungan pada anggota latih MP di SMAN 2 Selong, untuk tidak berlatih pernapasan (pengolahan) dengan alasan tidak kuat. Tentu saja hal ini sangat disayangkan mengingat bahwa olah tata napas adalah jantung dari keilmuan Merpati Putih. Memang benar, tata napas, bukanlah satu-satunya program latihan, tapi tanpa mengikuti seluruh program latihan maka bisa dipastikan hasil latihan tidak akan maksimal didapatkan.

Olah tata napas pada PPS Betako Merpati Putih, dimaksudkan untuk meningkatkan endurance (ketahanan) dan power (tenaga) melalui metode anaerob. Dengan metode menaan napas pada periode tertentu dengan mengkontraksikan otot, maka diharapkan itu dapat membuat reaksi ATP (Adenosin Tri Posphate) pada tubuh bisa dipacu sehingga menghasilkan energy yang lebih besar.

Selain itu, latihan tata napas juga bisa membantu para peserta latih untuk mengurangi cedera pada saat latihan fisik, mengingat kontak fisik pada latihan pencak silat adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Latihan tata napas juga mempunyai korelasi yang besar terhadap kemampuan peserta latih untuk mengontrol emosi dan ketenangan. Jangan lupa bahwa mersudi patitising tindak pusakane titising hening, baru bisa tercapai apabila kita mampu mengontrol emosi.

Jadi, jangan malas berlatih. Semua program latihan telah disusun sedemikian rupa untuk hasil latihan yang maksimal, dan sudah diterapkan secara international.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar