Kamis, 05 Februari 2009

Latihan Gabungan





Latihan gabungan biasanya dilaksanakan oleh sebuah cabang, dengan periode bulanan atau dwi-bulanan. Hal ini dimaksudkan sebagai wadah pertemuan rutin dari semua anggota dan calon anggota cabang sehingga dapat saling mengenal dan rasa kekeluargaan semakin terasa. Selain itu, tujuan latihan gabungan adalah untuk mengangkat spirit peserta latih dengan mempertemukan mereka dengan seluruh anggota cabang. Selain itu juga, dengan latihan gabungan, bagian diklat cabang dapat mengontrol materi latihan yang sudah dan akan diberikan para pelatih dengan melihat kemampuan peserta latih pada saat gabungan. Dengan demikian, semua anggota memiliki rasa kesetaraan pada setiap tingkatan, karena tidak ada materi yang terlalu maju atau terlalu tertinggal.

Cabang Lombok Timur baru-baru ini melakukan latihan gabungan yang mengambil tempat di SMKN 3 Selong. Latihan gabungan yang baru pertama kali diadakan ini hanya dihadiri oleh 2 kolat yakni, kolat SMAN 1 Sakra dan SMAN 2 Selong. Sayang sekali, tidak semua kolat bisa hadir, seperti yang diungkapkan oleh ketua Cabang Merpati Putih Lombok Timur --Mas Parjad, karena beberapa hal:
  1. Perencanaan yang sangat singkat
  2. Kolat-kolat yang lokasinya sangat jauh seperti Jerowaru, Pengadangan, dan Kebon Tatar.
  3. Peserta latih dari kolat SMKN 3 Selong, sedang mengikuti program PSG (Pendidikan Sistem Ganda), di luar sekolah
  4. Beberapa anggota sibuk dengan kegiatan kuliah dan Les.
Meskipun demikian, Mas Parjad menyatakan merasa puas dengan jumlah peserta yang hadir, karena ini adalah kesempatan pertama, dan perencanaannya sangat singkat sehingga kemungkinan banyak anggota yang belum tahu, mengingat beberapa kolat masih libur latihan setelah UKT.

Pada kesempatan itu juga, Mas Parjad mengungkapkan bahwa pada masa yang akan datang, latihan gabungan akan dilaksanakan di tempat yang bisa dijangkau oleh semua kolat. Dan ini sebaiknya dilakukan pada hari Minggu sehingga semua peserta yang mayoritas pelajar tidak disibukkan dengan kegiatan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar